Tuesday, November 11, 2014

Layanan Telematika

Teknologi telematika yang telah ada saat ini mampu untuk memvisualisasikan telekomunikasi dan informatika ke masyarakat yang sebelumnya tidak mengetahui apa itu telematika. Hal ini tidak lepas dari pengaruh peran layanan telematika. Layanan telematika merupakan fasilitas yang mampu men-dial up ke jaringan internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirim data. Jenis-jenis layanan telematika yaitu, layanan informasi, layanan keamanan,  context-aware dan event-base serta layanan perbaikan sumber.

·       Layanan Informasi


Layanan informasi merupakan layanan yang menggabungkan sistem komunikasi dengan media yang dibutuhkan, seperti perangkat seluler(smartphone), notebook, bahkan kendaraan. Layanan informasi ini membantu pengguna untuk dapat memperoleh informasi secara efektif dan efisien. Beberapa contoh penerapan layanan informasi yaitu:
-          E-commerce
-          E-government
-          E-book
-          Navigation Assist
-          Weather, Stock Information


·       Layanan Keamanan


Layanan keamanan merupakan layanan yang menyediakanan keamanan informasi dan data. layanan terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan auditin. Layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya. Dengan kata lain layanan ini sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan. Contoh penerapan layanan keamanan yaitu dengan menggunakan firewall dan antivirus pada perangkat yang digunakan.


·       Context-Aware dan Event-Base

Layanan ini merupakan layanan yang mempunyai kemampuan sebuah sistem untuk memahami  user, network, lingkungan, dan melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan.. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Tiga hal yang menjadi perhatian sistem context-aware menurut Albrecht Schmidt, yaitu:
-          The acquisition of context
Hal ini berkaitan dengan pemilihan konteks dan bagaimana cara memperoleh konteks yang diinginkan, sebagai contoh : pemilihan konteks lokasi, dengan penggunaan suatu sensor lokasi tertentu (misalnya: GPS) untuk melihat situasi atau posisi suatu lokasi tersebut.
-          The abstraction and understanding of context
Pemahaman terhadap bagaimana cara konteks yang dipilih berhubungan dengan kondisi nyata, bagaimana informasi yang dimiliki suatu konteks dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi, dan bagaimana tanggapan sistem dan cara kerja terhadap inputan dalam suatu konteks.
-          Application behaviour based on the recognized context
Terakhir, dua hal yang paling penting adalah bagaimana pengguna dapat memahami sistem dan tingkah lakunya yang sesuai dengan konteks yang dimilikinya serta bagaimana caranya memberikan kontrol penuh kepada pengguna terhadap sistem.


·       Layanan Perbaikan Sumber (Resource Discovery Service)

Resource Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan.  RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan. Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.

Referensi : http://habib1010.wordpress.com/2012/11/06/layanan-telematika/
http://bagus-sistem.blogspot.com/2014/10/layanan-telematika-di-bidang-informasi.html

No comments:

Post a Comment