Etika diartikan ”sebagai ilmu yang
mempelajari kebaikan dan keburukan dalam hidup manusia khususnya perbuatan
manusia yang didorong oleh kehendak dan didasari pikiran yang jernih dengan
pertimbangan perasaan”. Etik ialah suatu cabang ilmu filsafat. Secara sederhana
dapat dikatakan bahwa etik adalah disiplin yang mempelajari tentang baik dan
buruk sikap tindakan manusia. Etika merupakan bagian filosofis yang berhubungan
erat dengan nilai manusia dalam menghargai suatu tindakan, apakah benar atau
salah, dan penyelesaiannya baik atau tidak.
Sedangkan kode etik didasari
dari istilah etika yang selama ini dimaknai sebagai sebuah perilaku atau sikap.
Kode etik dapat diartikan sebagai suatu pola aturan, tata cara, pedoman etis
dalam melakukan suatu kegiatan, pekerjaan, atau profesi. Kode etik dianggap
sebagai tata cara atau aturan yang digunakan sebagai pedoman dalam berperilaku.
Apa hubungan antara kode etik dan
etika?
Berdasarkan pengertian diatas, kode etik
tentu saja memiliki hubungan dengan etika. Kode etik merupakan etika tertulis
yang memiliki kekuatan hukum. Kode etik dibuat oleh institusi atau organisasi
yang digunakan sebagai pedoman berdasarkan etika yang sudah ada. Jika anggota
dari institusi atau organisasi melakukan pelanggaran biasanya akan diberikan
sanksi. Etika dan kode etik memiliki tujuan yang sama yaitu memberitahu mana
yang baik dan mana yang buruk. Dihubungkan
dengan etika suatu kode etik dapat dikatakan mencakup usaha untuk menegakkan dan
menjamin etika. Kode etik menimba kekuatan dari etika, tetapi juga
memperkuatnya. Kode etik yang tertulis dapat menyumbang bagi pertumbuhan etika
dan keyakinan etis bersama. Kode etik menuntut usaha bersama untuk semakin
mengerti dan semakin melindungi nilai-nilai manusiawi dan moral profesi
Sebagai contoh terdapat
penerapan etika dan kode etik pada guru. Guru memiliki etika untuk membimbing
anak didik seutuhnya. Pada kode etik guru yang pertama berbunyi, “berbakti
membimbing” yang artinya membimbing tanpa pamrih dan tidak pandang bulu dengan
membantu.
Sumber
:
No comments:
Post a Comment