1.
Group Tables
Group Tables terdiri dari 5 icon
perintah: Table, Table Templates, SharePoint Lists, dan Table Design.
·
Icon perintah Table, digunakan untuk membuat
tabel database baru. Selanjutnya user pada tabel kosong baru. Hal pertama
mengisi tabel tersebut dengan record, user perlu memberi nama field (judul
tabel di sebelah atas). Untuk memberi nama pada tiap field, klik dua kali field
yang diinginkan. Adapun field yang tidak diinginkan, cukup kosongi saja, maka
secara otomatis field kosong tersebut akan terhapus oleh sistem.
·
Icon Table Templates, digunakan untuk membuat
tabel database baru berdasarkan contoh-contoh yang sudah tersedia di MS Access
2007. Dengan menggunakan icon perintah ini user mendapatkan kemudahan dalam
pembuatan database. User tinggal memilih salah satu contoh yang telah tersedia.
Kemudian user hanya perlu melakukan kustomisasi seperlunya.
·
Icon Sharepoint Lists, digunakan untuk membuat
daftar titik penyimpanan data yang sedang dibuat.
·
Icon Table Design, digunakan untuk digunakan
untuk merancang tabel yang dibutuhkan dalam suatu database. Icon ini merupakan
pengaturan tingkat lanjut dari icon Table. Dengan icon Table Design, user bisa
mengatur atribut table dari database aktif sehingga setiap field bisa diset
dengan tipe data tertentu.
1.
Group Form Group Form terdiri dari 7 icon perintah:
Form, Split Form, Multiple Items, PivotChat, Blank Form, More Form, dan Form
Design.
·
Icon Form, digunakan untuk membuat formulir
database baru.
·
Split Form, digunakan untuk suatu formulir
sehingga menjadi dua formulir yang berbeda.
·
Multiple Items, digunakan untuk membuat form
yang bisa menampilkan isi database yang telah dimasukkan.
·
PivotChat, digunakan untuk membuat grafik
berdasarkan suatu database.
·
Blank Form, digunakan untuk membuat formulir
yang kosong sehingga user bisa mendesain sendiri suatu formulir yang
diinginkan.
·
More Form, digunakan untuk digunakan untuk
menampilkan daftar perintah yang diguakan untuk memilih daftar form lainnya.
·
Form Design, digunakan untuk mendesain form
sesuai dengan keinginan user.
2.
Group Reports
Group
Reports secara umum digunakan untuk pembuatan laporan (report), terdiri dari 5
icon perintah: Report, Labels, Blank Repot, Report Wizard, Report Design.
·
Report, digunakan untuk membuat format laporan
dalam versi standar MS Access 2007.
·
Labels, digunakan untuk membuat label dari
database yang sedang aktif.
·
Blank Report, digunakan untuk membuat format
laporan yang kosong sehingga user bisa membuat format laporan yang diinginkan.
·
Report Wizard, digunakan untuk membuat format
laporan berdasarkan tuntunan yang disediakan dalam MS Access 2007.
·
Report Design, digunakan untuk merancang format
laporan sesuai dengan keinginan user.
3.
Group Other
Group
Other terdiri dari 3 icon: Query Wizard, New object: Query, dan Macro.
·
Query Wizard, digunakan untuk membuat query
berdasarkan tuntunan yang disediakan dalam MS Access 2007 sehingga user bisa
dengan mudah dalam membuat sebuah query.
·
New Object: Query, digunakan untuk membuat query
baru sesuai dengan keinginan pengguna.
·
Macro, digunakan untuk membuat objek macro,
merupakan tool yang digunakan untuk membuat perintah tertentu pada sebuah
database.
No comments:
Post a Comment