Kolaborasi antar muka otomotif multimedia
adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan standarisasi dunia
yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat elektronik dapat
bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi kendaraan atau computer dan radio
dalam mobil. Satip alat elektronik itu harus dapat bekerja dengan selaras
sehingga kendaraan dapat lebih handal.
Setiap perangkat elektronik yang dipasang
belum tentu sesuai dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau
multimedia bisa saja mengganggu system keselamatan dan system-sistem lain di
dalam kendaraan. Itulah kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka
multimedia.
Automotive Multimedia Interface
Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors,
Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan
dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum
untuk jaringan komunikasi kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik mendaftarkan
diri untuk menulis standar. Mereka berpendapat untuk menulis standar diperlukan
waktu selama 2 tahun. Tapi dua tahun adalah masa di telematika. Penyelenggara
elektronik, ponsel, komputer dan peralatan video yang akan menggunakan koneksi
dapat melewati beberapa generasi dalam waktu itu.
Standar-standar akan memungkinkan sebuah
pasar plug-and-play global untuk perangkat elektronik yang akan dipasang di
kendaraan dengan kemudahan yang sama dengan melampirkan pheriperal komputer
pribadi.
Sejarah
AMIC
The Automotive Multimedia Interface
Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan
serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik
kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat
elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler,
Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama
pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk
mencapai suatu set umum industri mobil.
Untuk berbagai alasan, kendaraan telah
tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika datang ke
alat produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan, biaya, dan desain
waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda penerimaan teknologi
baru. Makalah membahas otomotif standar untuk antarmuka multimedia. Organisasi
seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C) memiliki kesempatan
untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya standardisasi.
Tujuan
dan Fungsional Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia Telematika :
• Menyediakan interface standar untuk
memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan
perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular,
melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan
sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk
kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu
kunci dan diagnostik input / output.
• Meningkatkan pilihan dan mengurangi
keusangan sistem elektronik kendaraan.
• Memotong biaya keseluruhan informasi
kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif
dan memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif efektif terdiri dari
banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung
berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar
50.000 unit.
• Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi
untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
Implementasi
Otomotive Multimedia dalam Bidang Industri, Bisnis & Kesehatan
1. Dalam Bidang Industri
Pengembangan
serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik
kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat
elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini dilakukan oleh pendiri BMW,
DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA /
Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW.
2. Dalam Bidang Bisnis
a. Company Profile
b. Presentasi Bisnis
c. Simulasi atau demonstrasi produk
3. Dalam Bidang kesehatan :
a. Simulasi anggota tubuh seperti otak, usus,
paru-paru
b. Simulasi bakteri, virus, cara kerja
penyakit
c. Media penyuluhan kesehatan
Sumber:
http://notnote.blogspot.com/2012/12/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html
http://azhar-artazie.blogspot.com/2012/12/fungsional-kolaborasi-antarmuka.html
http://resnandapramudiastiro.blogspot.com/2014/12/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html
http://reffliansii.blogspot.com/2013/01/kolaborasi-antar-muka-otomotif.html
No comments:
Post a Comment